17.3.13

Human and Interaction

Ilustrasi dari buku Understanding Comics karya Scott Mc Leod, dengan jeniusnya dia dapat mengilustrasikan hubungan antara alat dan kesadaran dalam kerangka interaksi manusia.

Manusia memiliki kemampuan yang hebat dalam menggunakan alat. Tidak seperti hewan yang memiliki cakar tajam dan paruh untuk mengoyak daging, manusia dapat menggunakan pisau untuk memotong dan mengontrol penuh pisau tersebut seperti anggota tubuhnya sendiri. 

Contoh lainnya adalah kendaraan, manusia dapat mengendarai mobil seolah-olah mobil itu seperti bagian tubuhnya sendiri. Manusia dapat memacu mobil dengan sangat cepat tanpa kehilangan kontrol. Ketika mobilnya diserempet oleh kendaraan lain, manusia dapat merasakan getarannya dan memperkirakan bagian mana dari mobilnya yang rusak. 

Satu contoh lagi, orang tuna netra dapat menggunakan tongkatnya untuk membantu berjalan. Tongkat miliknya telah menjadi perpanjanjangan indranya untuk merasakan tekstur pedestrian, mengetahui apakah ada rintangan didepannya, apakah ada genangan air dsb.

Hipotesa saya adalah semua itu berkaitan dengan kemampuan tangan kita untuk merasakan getaran yang terhalus dari alat yang kita pegang, dan kemudian kerja otak yang akan mensimulasikan atau menerima alat tersebut menjadi bagian dari kesadaran manusia. Saya sudah memikirkan tentang hal ini sejak lama, saya merasa pemikiran tentang hal ini akan menuntun kita lebih jauh untuk memahami interaksi manusia dengan lingkungan buatan. Kita lihat akan sejauh mana ini berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar