17.3.13

New Design Book


















Dua hari lalu saya berjalan-jalan ke toko second hand Myrorna di Skarholmen. Niat awalnya saya ingin cari double bed untuk di apartmen baru, sambil lihat-lihat ternyata saya beruntung menemukan dua buku ini di bagian second hand book. Saya bilang beruntung karena, pertama jarang ada buku second berbahasa Inggris disini, kedua, tambah jarang lagi ada buku desain.

Buku yang pertama adalah "The Design of Everyday Things" karya Donald A. Norman buku yang lumayan jadul, ditulis tahun 1988 cetakan 1990 kemudian dicetak beberapa kali, yang terakhir tahun 2002. Ini membuktikan konten nya masih sangat relevan dengan kondisi saat ini. Membaca judul dan covernya langsung membuat saya tertarik. Saya menaruh perhatian pada desain hal-hal kecil disekitar kita, yang banyak orang tidak menyadari, namun sebenarnya sangat penting karena tingkat interaksi kita yang tinggi dengan hal-hal tersebut. Saya mendapatkan buku ini dengan harga 20 kr, cetakan barunya dibanderol 74 kr di Amazon, jadi saya cukup bahagia :)

Buku kedua adalah "An Outline of European Architectecture" karya Nikolaus Pevsner. Buku ini terdapat dalam daftar bacaan wajib mahasiswa di Architectural Association, London. Sesuai dengan judulnya buku ini berisi tentang perkembangan arsitektur di Eropa mulai dari abad pertengahan hingga masa modern. Saya mendapatkan buku ini dengan harga 30 kr, edisi barunya dicetak tahun 2009 dijual dengan harga 160 kr. Jadi kembali saya berbahagia :)

edit:
Saya menemukan presentasi dari Donald A. Norman pada sebuah sesi Ted
http://www.ted.com/talks/don_norman_on_design_and_emotion.html
Selamat menikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar