19.3.13

Travel Videolog --Helsinki 2013

Ini adalah pertama kali saya serius menggarap travelog berbentuk video photomotion. Sebenarnya ini adalah kompilasi dari seluruh foto yang saya dan sekar ambil ketika kami melakukan perjalanan ke Helsinki pada Maret 2013. Semua foto yang saya ambil langsung dimasukkan semua kedalam timeline, hanya diexclude foto-foto berorientasi landscape saja.

Saya mengerjakan keseluruhan proses compiling dan editing diatas software Adobe Premier. Sebelumnya saya pikir untuk sekedar membuat video stop motion tidak perlu sampai menggunakan Premier, yang notabene software kelas pro untuk film editing, saya hanya perlu software sederhana open source yang dedicated untuk keperluan ini. Saya menemukan Monkey Jam, namun sayang ternyata program ini tidak bekerja seperti yang saya harapkan. Masih banyak bugs dan rupanya tidak tahan untuk pengerjaan berat dan file-file yang agak besar. Akhirnya jadilah saya menggunakan Adobe Premier.

Konsepnya sangat sederhana, saya hanya perlu mengatur masing-masing gambar agar muncul sesuai dengan interval yang saya harapkan untuk menjadikannya gambar bergerak ditambah dengan urutan sesuai dengan waktu diambilnya foto sehingga memberikan dimensi perjalanan waktu sejak tiba hingga pulang dari Helsinki. Disepanjang perjalanan, saya banyak mengambil foto sekuensial (burst mode), sehingga dalam beberapa bagian film, bagian tersebut menjadi animated --seperti video. Saya lebih senang mengambil adegan menggunakan burst mode ketimbang video, dengan burst mode saya bisa mendapatkan foto demi foto setiap adegan, ketimbang bentuk video yang sudah ajeg dan ukurannya besar. Ketika saya membutuhkan gambar bergerak, saya bisa merangkainya dalam sebuah photomotion seperti ini. Tentu saja dengan begini saya tidak mendapatkan suara dari gambar yg diambil. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar